Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Mengenal Material PVC Untuk Berbagai Kebutuhan Bangunan

 

Material pvc untuk bangunan

Material pvc untuk bangunan – PVC itu apa sih? Perlu diketahui, istilah PVC merupakan singkatan dari kata Polyvinyl Chloride.

Material ini sejenis termoplastik yang memiliki sifat lentur dan fleksibel, sehingga membuatnya mudah diolah menjadi berbagai jenis produk, termasuk untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Lantas, material PVC digunakan untuk apa saja?

Nah, bagi kamu yang ingin tahu seputar pemanfaatan material PVC untuk kebutuhan bangunan, yuk simak langsung ulasannya dibawah ini.

Ragam Fungsi Material PVC

1. Pipa dan Sistem Saluran

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar pipa yang tersedia dipasaran terbuat dari bahan PVC.

pipa PVC

Pipa tersebut kerap difungsikan untuk berbagai kebutuhan saluran air, sistem drainase, hingga saluran pembuangan.

Pipa yang berbahan PVC memiliki berbagai keunggula yang meliputi tahan terhadap korosi, kemudahan pemasangan, serta biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pipa besi.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, pipa PVC juga sudah terbukti tahan terhadap pengaruh kimia sehingga sangat ideal dijadikan untuk saluran pembuangan.

Disisi lain, pipa PVC tersedia kedalam ukuran yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca selengkapnya: Daftar Harga Pipa Paralon Bandung Terbaru 2024

2. Elemen Dekoratif

Selain dijadikan pipa, material PVC juga kerap diaplikasikan sebagai elemen dekoratif untuk menunjang kebutuhan bangunan.

Elemen Dekoratif

Ya, seperti cetakan, comice, serta trim atau list PVC yang dapat memberikan sentuhan dekoratif guna mempercantik tampilan hunian.

Terlebih material PVC bisa dibentuk dengan mudah dan dicat, sehingga dapat dapat serasi dengan berbagai gaya maupun desain bangunan.

Tak hanya meningkatkan nilai estetika, elemen dekoratif PVC juga dapat memberikan kepraktisan dalam perawatan yang minimal, serta ketahanannya terhadap kerusakan dan pelapukan.

3. Panel Dinding dan Lantai

Panel dinding PVC menyuguhkan solusi praktis dan keindahan terhadap area yang membutuhkan perlindungan tambahan terhadap suhu lembab, seperti dapur dan kamar mandi.

Panel Dinding dan Lantai PVC

Hal itu bukan tanpa alasan, karena panel PVC mudah dibersihkan serta tahan terhadap jamur maupu bakteri.

Selain panel dinding, material PVC juga kerap diaplikasikan sebagai bahan pelapis lantai. Ya, produk ini populer dengan istilah lantai vinyl yang tersedia kedalam berbagai varian warna dan motif menarik.

Mulai dari lantai vinyl motif keramik, granit, marmer, hingga kayu-kayuan.

Artikel terkait: Lantai Vinyl Motif Kayu: Solusi Tepat Untuk Budget Minim

4. Kusen dan Bingkai Jendela

Di era yang serba modern sekarang ini, tampaknya penggunaan kusen dan bingkai jendela yang berbahan PVC semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Kusen dan Bingkai Jendela PVC

Pasalnya, material ini memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca ekstrim, kelembaban, dan hama serangga.

Disisi lain, kusen dan bingkai jendela PVC juga tidak membutuhkan perawatan yang rutin seperti pengecatan dan pelapisan ulang.

Menariknya lagi, material PVC juga mempunyai sifat isolasi termal yang bagus, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi energi dengan cara mengurangi kebocoran panas melalui dinding dan jendela.

5. Plafon

Bagi kamu yang sudah bosan dengan plafon berbahan gypsum, maka plafon PVC merupakan pilihan yang paling tepat.

Plafon PVC

Hal itu bukan tanpa alasan, karena plafon PVC tersedia kedalam berbagai varian motif dan warna yang dapat kamu pilih sesuai selera.

Bahkan, plafon juga tahan terhadap kelembaban, jamur, dan bakteri yang membuatnya cocok diaplikasikan di area lembab seperti kamar mandi maupun dapur.

Terlebih plafon PVC mudah dipasang karena bobotnya yang cenderung ringan dibandingkan dengan material lain.

Baca selengkapnya: Harga Plafon PVC Per Meter Terbaru

Berbagai Pertimbangan Dalam Penggunaan PVC

1. Dampak Terhadap Lingkungan

Dibalik keunggulannya, ternyata material PVC ini bisa menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap lingkunga lho!

Menurut kabar yang beredar, proses pembuatan material PVC kerap menggunakan bahan kimia berbahaya, serta proses pembakarannya yang bisa melepaskan gas beracun ke udara.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa material PVC yang dipilih berasal dari brand ternama karena sudah terbukti lebih aman dan ramah terhadap lingkungan.

Baca juga: Jenis-jenis Desain Atap Rumah Dengan Keindahannya Tersendiri

2. Proses Pemasangan

Kendati material PVC berbobot ringan dan mudah diolah, namun proses yang tidak tepat selama pemasangannya bisa memicu kerusakan.

Seperti halnya suhu ekstrim yang bisa mempengaruhi tingkat kekuatan material PVC.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya kamu selalu mengikuti petunjuk instalasi dan penanganan yang telah disarankan oleh produsen.

3. Tidak Senatural Material Kayu Asli

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material PVC tersedia kedalam berbagai varian warna dan motif.

Dari sekian banyaknya varian motif PVC yang tersedia, motif kayu memang menjadi yang paling populer.

Meskipun tampilannya menyerupai kayu, namun PVC motif kayu bagi sebagian orang dianggap tidaklah sebagus dan seindah material kayu asli.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan keseimbangan antara kepraktisan dan estetika dengan kebutuhan hunian.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai seluk-beluk seputar material PVC, sehingga bisa kamu jadikan sebagai referensi saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.