Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ini Dia Berbagai Tipe Humidifier Beserta Plus Minusnya

 

Jenis dan tipe humidifier

Jenis dan tipe humidifier – Selain Air Conditioner (AC), humidifier juga merupakan salah satu peralatan elektronik yang memiliki peran penting dalam sebuah hunian.

Lantas, apa itu humidifier? Perlu kamu ketahui, humidifier adalah sebuah perangkat yang kerap digunakan untuk meningkatkan kelembaban udara didalam ruangan dengan cara menambahkan uap air.

Sehingga peralatan ini sangat cocok diaplikasikan pada lingkungan dengan udara kering, yang tentunya dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan.

Ada berbagai jenis atau tipe humidifier yang memiliki sistem kerja beserta keunggulan dan kekurangannya tersendiri.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu berbagai tipe humidifier, yuk simak langsung ulasannya dibawah ini.

5 Tipe Humidifier yang Harus Diketahui

1. Humidifier Tipe Evaporator

Humidifier Evaporator ini bisa dibilang sebagai salah satu tipenya yang paling umum karena bentuknya cenderung simple.

Humidifier Tipe Evaporator

Cara kerja humidifier Humidifier Tipe Evaporator adalah dengan mengalirkan udara melalui filter yang basah, dimana uap air dari filternya bisa menguap sehingga menciptakan kelembapan didalam ruangan.

Humidifier Tipe Evaporator tersedia kedalam dua mode berbeda, yakni Evaporator panas dan Evaporator dingin.

Mode Evaporator panas sangat efektif dalam membunuh bakteri dan mikroorganisme di dalam air, sehingga udara didalam ruangan menjadi lebih bersih.

Akan tetapi, Evaporator mode ini bisa menimbulkan hawa yang cukup panas sehingga harus diperhatikan dalam penggunannya, terlebih untuk anak-anak.

Sedangkan Evaporator mode dingin bekerja melalui sistem kipas yang dapat meniupkan udara ke filter basah tanpa memanaskan air.

Itu sebabnya, Evaporator mode dingin lebih aman digunakan serta efisien dalam energi. Kendati demikian, bagian filter pada Evaporator dingin harus dibersihkan secara rutin.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Pompa Air

2. Humidifier Tipe Ultrasonic

Sesuai dengan namanya, Humidifier Tipe Ultrasonic in akan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi guna menghasilkan kabut halus dari air.

Humidifier Tipe Ultrasonic

Menariknya lagi, Humidifier Tipe Ultrasonic tidak membutuhkan elemen pemanas sehingga lebih hemat energi jika dibandingkan dengan tipe humidifier pertama tadi.

Tak hanya itu saja, bahkan Humidifier Tipe Ultrasonic juga memiliki tingkat kebisingan rendah yang membuatnya cocok diaplikasikan di kamar tidur maupun ruang kerja.

Dikarenakan sistem pengoperasiannya tidak memanaskan air, maka air yang digunakan pada Humidifier Tipe Ultrasonic harus diisi secara rutin.

Apabila tidak diisi secara rutin, tentu saja akan memicu pertumbuhan jamur dan bakteri didalam mesinnya lho!

3. Humidifier Tipe Impeller

Humidifier Tipe Impeller memiliki cara kerja dengan memanfaakan perputaran disk yang dapat mengaduk air, kemudian mengubahnya menjadi partikel yang halus untuk dikeluarkan ke udara.

Humidifier Tipe Impeller

Sehingga Humidifier Tipe Impeller tidak membutuhkan elemen pemanas atau filter yang menjadikannya lebih hemat.

Tak hanya itu, Humidifier Tipe Impeller juga cenderung mudah dibersihkan karena tidak adanya filter.

Untuk menjaga kebersihan didalam mesin, pastikan kamu mengisinya dengan menggunakan air yang bersih.

Namun sayang, Humidifier Tipe Impeller memang tidak sepopuler tipe evaporator maupun ultrasonic.

Baca juga: 5 Jenis Vacuum Cleaner yang Umum Digunakan

4. Humidifier Tipe Steam Vaporizer

Sistem kerja Humidifier Tipe Steam Vaporizer akan merubah air menjadi uap panas yang kemudian dikeluarkan ke udara.

Humidifier Tipe Steam Vaporizer

Jadi, humidifier ini bekerja dengan cara memanaskan air sampai mendidih sehingga uap panas yang dihasilkannya bisa disemprotkan ke udara.

Nah, uap panas tersebutlah yang berperan penting dalam membunuh kuman dan bakteri, sehingga udara di dalam rumah menjadi lebih bersih.

Bahkan, uap panas yang dihasilkannya juga dapat membantu dalam mengurangi gejala pilek, flu, dan masalah pernafasan lainnya.

Mengingat Humidifier Tipe Steam Vaporizer akan menghasilkan uap panas, maka penggunannya harus leih hati-hati untuk menghindari risiko terbakar.

5. Humidifier Tipe Hybrid

Jenis atau tipe humidifier berikutnya yang menarik untuk dibahas, yakni Humidifier Tipe Hybrid.

Cara kerja tipe humidifier ini dengan menggabungkan teknologi dari berbagai jenis humidifer lain, sehingga dapat memberikan fungsi yang sesuai kebutuhan.

Humidifier Tipe Hybrid

Pada umumnya, Humidifier Tipe Hybrid akan menggabungkan fitur dari evaporator, ultrasonic, dan steam vaporizer.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Humidifier Tipe Hybrid telah dibekali dengan fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh tipe humidifer lainnya lho.

Ya, fitur tambahan tersebut berupa filter HEPA yang mampu menyaring udara untuk mengurangi pengeluaran mineral ke udara.

Itu sebabnya, mengapa harga Humidifier Tipe Hybrid adalah yang paling mahal diantara tipe humidifier lainnya.

Selain menggunakan humidifer, ada juga beberapa cara lain yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelembaban didalam ruangan rumah.

Baca selengkapnya: Cara Menjaga Kelembaban Ruangan Rumah

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis mesin humidifier beserta plus minusnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.